Laman

Jumat, 19 Desember 2014

Tips Berbicara Di Depan Publik

public-speaking-tips
Berbicara di depan publik bukan lah hal yang mudah bagi sebagian orang. Sering kali pesan yang hendak anda sampaikan tidak dapat diterima dengan baik dan mencapai tujuan yang anda inginkan. Nah untuk anda yang ingin memperbaiki kemampuan berbicara di depan publik, berikut adalah tips - tips nya:
  1. Berlatihlah. Ya semua perlu latihan, semakin sering anda berlatih semakin ahli anda dalam melakukan satu hal. Berlatih public speaking bisa dengan meminta bantuan keluarga atau teman dekat anda. Ajaklah mereka untuk menjadi pendengar sekaligus kritikus. Dan anda, bersikap terbukalah terhadap semua kritik demi perbaikan keterampilan anda.
  2. Jadilah pendengar yang baik. Untuk komunikasi publik yang bersifat dua arah, menjadi pendengar yang baik menjadi syarat mutlak. Anda harus bersabar dalam menyimak dan mendengarkan orang lain berbicara sehingga anda betul betul memahami lawan bicara anda dan dapat menjawab atau menyampaikan pesan anda dengan tepat dan meminimalisir kesalahpahaman.
  3. Buatlah lawan bicara anda nyaman. Pembicaraan sering kali menjadi tidak efektif hanya karena lawan bicara anda merasa tidak nyaman, bukan karena tidak memahami pembicaraan anda. Mereka mungkin saja memahami pesan anda tetapi karena anda telah membuat mereka tidak nyaman, mereka menjadi tidak mau bersikap terbuka. Hindarilah kata - kata yang bersifat konfrontatif atau sarkastik, pastikan bahwa tujuan anda adalah mencari solusi bukan mencari kesalahan apalagi yang bersifat personal, dan yakin kan lawan bicara anda bahwa anda jujur dan bersikap terbuka.
  4. Gunakan empati. Jangan sekedar berbicara, tanamkan empati dalam pembicaraan anda. Atur posisi tubuh sedikit condong ke depan, tatap mata lawan bicara anda dengan sikap keterbukaan dan empati, jangan dengan intimidasi. Gunakan gesture tubuh seperlunya, seperti menganguk dengan pelan untuk menunjukkan anda mengerti. Jangan potong pembicaraan lawan bicara anda sebelum benar-benar selesai.
  5. Akan lebih baik jika anda menghafal hal - hal spesifik seperti nomor, angka, tahun, nama tanpa melihat catatan anda. Hal ini dapat menunjukkan kepada lawan bicara anda bahwa anda benar - benar menguasai apa yang hendak anda sampaikan,
  6. Jaga kecepatan bicara anda. Berbicara terlalu cepat mengesankan anda gugup dan orang yang mendengarkan anda pun tidak akan merasa nyaman. Sebaliknya berbicara terlalu lambat apalagi ditambahakan verbal graffiti (seperti : "emmmm", "eeee", "apa namanyaa") yaitu kata-kata yang tidak mengandung arti, dapat mengesankan anda kurang menguasai topik dan menyebabkan pendengar anda bosan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar